Minggu, 03 April 2016

5 TAHAP DASAR PERAWATAN WAJAH (BASIC SKINCARE)

Buat yang mau tau tentang skincare atau yang masih bingung sebenarnya kalau mau merawat wajah harus mulai dari mana sih??. Dan jangan kaget karena ternyata untuk merawat wajah aja ada banyak banget tahapannya. Of Course, yaaa namanya juga mau dapat hasil maksimal jadi usahanya pun harus maksimal. Dulunya yang aku tau tentang skincare itu cuma sekedar mencuci muka (cleansing), pakai pelembab (moisturizing), dan pakai sunscreen. Tapi ternyata kalau mau serius merawat wajah, gak cukup hanya sesimpel itu. hehe.
1. CLEANSER
Tahap pertama ini pasti semua udah tau dong ya?? Membersihkan wajah itu wajib hukumnya. Tapi mungkin yang kalian belum tau adalah jenis-jenis cleanser atau pembersih wajah. Dulu aku juga taunya cuma yang face wash aja. Padahal cleanser itu macem-macem loooh...
  • Micellar water - Pembersih wajah yang bentuknya seperti air tapi gak perlu dibilas. Super simple.
  • Cleansing cream/oil/gel/milk - Kalo di Indonesia biasanya cuma ada cleansing milk. Tapi ternyata kalo di luar, terutama brand korea/jepang, jenisnya macem-macem tergantung jenis kulit. Yang cream biasanya untuk kulit kering, gel untuk kulit normal dan kombinasi, dan oil untuk kulit berminyak.
  • Facial wash cleanser - Ini cleanser pada umumnya. Tinggal cocok-cocokkan aja sama jenis kulit kita.
  • Facial Foam - Mirip seperti cleanser tapi teksturnya foam.
Untuk cleanser ini tinggal kita sesuaikan aja dengan kulit kita. Katanya sih untuk kulit kering sebaiknya menghindari yang foam dan untuk kulit berminyak hindari milk cleanser

2. EXFOLIATION
Ini tahapan buat yang merasa kulit kering, kalo sering exfoliate akan semakin kering. Tapi ternyata aku salah. Exfoliation tetap dibutuhkan apapun jenis kulit kita. Tinggal frekuensinya aja, untuk kulit kering seminggu sekali aja udah cukup. Sedangkan untuk kulit berminyak bisa 2-3x seminggu.
Exfoliation itu penting banget terutama untuk mengangkat sisa kulit mati yang ada dikulit kita. Kulit mati ini gak bisa keangkat hanya dengan cleanser biasa. Kalo sisa kulit mati gak diangkat, ini akan menutup pori-pori dan pada akhirnya akan menyebabkan jerawat, komedo, dan breakouts.

3. TONER
Ini sebenarnya sering dimasukkan ke tahap akhir dari cleansing, karena toning ini salah satu fungsinya adalah membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat dari proses cleansing. Fungsi lain dari toner adalah mengembalikan ph wajah ke normal dan mempersiapkan wajah untuk tahapan skincare berikutnya.
Kalo dari yang aku baca di female daily, toner ini pun ada 2 jenis, yaitu
  • Exfoliating Toner - agak susah ditemukan di Indonesia. Salah satu yang aku pake adalah Facial Radiance Pads dari First Aid Beauty. 
  • Hydrating Toner - Jenis ini cukup banyak ditemukan di Indonesia.
4. MOISTURIZE
Naaah ini adalah tahapan yang mungkin semua orang udah tahu, tapi belum banyak yang tau jenis-jenisnya. Rata-rata mungkin cuma tau ada night cream dan day cream. Padahal yang benernya sih not as simple as that. hehe
Pelembab atau moisturizer ini ada beberapa jenis, seperti serum, hydrating lotion, emulsion, oil, dan cream. Dan saat ini terutama yang menganut korea/japan skincare, sering kali dilakukan layering moisturizer. Jadi memakai beberapa lapis jenis pelembab. Jadi bukan pilih salah satu. Tinggal cara pemakaiannya yang harus benar. Urutannya dimulai dari yang paling encer/cair ke yang paling creamy. Dan tunggu sampai produknya meresap dulu sebelum mengaplikasikan produk berikutnya.
Kenapa sih layering moisturizer ini perlu? Karena kalo serum itu bekerjanya lebih dari dalam, sedangkan cream bekerja dari luar. Jadi kalo mau hasil maksimal ya coba lah layering moisturize, hehehe...
Oh iyaa, kalo membahas pelembab, jangan lupa kalo mata dan bibir juga perlu pelembab. Aku gak akan bahas panjang tentang ini.
5. PROTECTION
Tahap terakhir yang penting banget adalah protection. Seringkali kita males menggunakan sunscreen dengan alasan kegiatan kita hanya di dalam ruangan atau kita gak sering berada di luar ruangan. Padahal di dalam ruangan pun kita masih tetap bisa terkena sinar matahari dari jendela. Atau misalnya pada saat kita masuk kendaraan atau turun kendaraan. Selama kita masih beraktivitas pasti kita tetap akan terkena sinar matahari sehingga penggunaan sunscreen tetap wajib hukumnya.
Perawatan yang dilakukan mulai dari cleansing hingga moisturizing gak akan memberikan efek maksimal kalau kita gak menggunakan sunscreen. Bahkan salah satu beauty editor/writer favorit aku bilang "If you are still decided to skip spf, don't even bother using or buying any skincare serum etc, because your skin will get sun-damaged and premature aging anyway." 
Sunscreen ini biasanya tersedia dalam SPF 25, SPF 30, dan SPF 50. Ada juga yang SPF 15 atau SPF 45 tapi agak jarang. Sebenarnya secara fungsi sama saja, tapi yang membedakan adalah waktu bertahannya. Dan sebenarnya yang terbaik adalah dengan mengaplikasikan sunscreen setiap dua jam sekali. Kalo dari yang aku baca-baca, SPF 25 atau 30 udah cukup melindungi kulit kita. Bukan berarti semakin tinggi SPF semakin melindungi kulit.
Saat ini ada banyak produk make up, seperti primer, bb cream, atau foundation yang juga mengandung SPF. Bukan berarti kalo kita menggunakan beberapa produk dengan kadar SPF berbeda-beda lalu SPFnya jadi ditambah karena perlindungan yang kita dapatkan adalah dari produk dengan SPF tertinggi. Tapi sebenarnya walaupun produk make up tersebut udah ada SPFnya lebih baik kalo kita tetap memakai sunscreen dulu sebelumnya. 
With Love,


Ayu Onyes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar